Siapa sih yang bakal nolak kalau orang sudah ditawari gorengan? Kecuali atas alasan kesehatan lho ya, kayaknya hampir nggak ada deh orang yang nggak suka jenis makanan ini. Tetapi, makanan yang seringkali menjadi favorit ini terkadang suka membuat kita merasa bersalah sendiri karena efek buruknya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Akibatnya jadi banyak keluhan penyakit yang muncul karena konsumsi gorengan ini. Misalnya saja yang paling sering dialami, kita tetap nggak pernah aman tanpa panas dalam kalau sudah makan gorengan terus-terusan. Soalnya salah satu  penyebab panas dalam karena kita mengonsumsi makanan bersuhu tinggi dan makanan dengan kadar minyak yang tinggi, termasuk gorengan ini. 

Baca juga: Berbeda Dari Akar Lain, Akar Chicory Bisa Obati Panas Dalam!

Gorengan memang merupakan salah satu jenis makanan ringan yang paling disukai sama masyarakat Indonesia. Biasanya gorengan dijadikan menu camilan atau bahkan teman buat makan besar. Namun, kenyataannya makanan yang diolah dengan cara digoreng ini, jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat dalam jangka panjang memang berakibat buruk buat kesehatan. Kita nggak bisa tuh makan berlebihan tanpa panas dalam, dan siap-siap saja penyakit yang berhubungan dengan metabolisme, kolesterol, dan hipertensi bakal menghantui. 

Selama makanan tersebut diolah dengan cara digoreng, maka makanan tersebut tetap berpotensi menyebabkan panas dalam. Nah, supaya aman untuk kesehatan ketika makan gorengan, ada tips praktis yang bisa lo terapkan.

Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, se-nggaknya lo bisa lebih aman tanpa panas dalam dan gangguan gejala lainnya saat mengonsumsi gorengan. Yuk, kita simak bareng tipsnya

1. Perhatikan Kebersihan Dalam Pengolahan, Biar Tetap Aman Tanpa Panas Dalam

  • Bikin Sendiri di Rumah

Selain menggiurkan, jajan gorengan di luar juga murah, praktis, dan punya sensasi tersendiri tentunya. Namun, alangkah baiknya kalau lo buat gorengan favorit di rumah saja. Karena dengan begitu, lo bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan memastikan minyak yang dipakai berkualitas. Tentu saja, hal ini akan menghindarkan lo dari risiko terkena penyakit akibat gorengan, dan memastikan lo aman tanpa panas dalam. Coba deh lo bayangkan, biasanya kalau gorengan di abang-abang bahan-bahan yang diolah digoreng dengan minyak yang sudah menghitam. Sebenarnya itu sih Jesscoolers yang terkadang kita nggak sadari. 

  • Pakailah Minyak Yang Baik

Biar aman tanpa panas dalam pastikan bahan gorengan yang diolah, digoreng dengan menggunakan minyak yang sehat, seperti olive oil, canola oil, atau sesame oil. Ketiga jenis minyak ini diketahui, selain aman tanpa membuat panas dalam, juga nggak menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga bagus untuk mengolah makanan yang digoreng. Mengganti minyak goreng kelapa sawit biasa dengan minyak zaitun khusus untuk menggoreng juga bagus lho ternyata. Karena bisa mengurangi efek samping makanan yang digoreng. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk menggunakan minyak goreng baru atau maksimal bekas dua kali pemakaian, supaya minyak nggak membentuk zat karsinogen yang  merupakan salah satu dari pemicu kanker.

2. Jangan Goreng Terlalu Gosong Karena Berbahaya Untuk Kesehatan 

  • Menggorenglah Dengan Cara Yang Benar

Cara menggoreng dengan memastikan temperatur panas minyak yang pas membuat gorengan tidak menyerap banyak minyak dan membuat gorengan menjadi lebih sehat dan membuat kita aman tanpa panas dalam saat mengonsumsinya.Sedangkan minyak yang terlalu panas, justru membuat gorengan cepat hangus dan memicu timbulnya zat karsinogen penyebab kanker dan panas dalam. Sebagai alternatif, buatlah adonan dari tepung beras atau tepung jagung agar olahan gorengan tersebut nggak menyerap banyak minyak. Adapun cara menggoreng dengan benar yaitu, sebelum memasukkan adonan, pastikan suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika minyak mengeluarkan suara mendesis, berarti tandanya minyak sudah cukup panas dan siap menggoreng bahan olahan gorengan.

3. Kurangi Kadar Kolesterol

  • Tambahkan Olahan Gorengan Dengan Sayuran

Biarpun digoreng, lo tetap bisa tambahin banyak sayuran di dalam olahan gorengan yang akan lo buat, Jesscoolers! Tapi jangan adonan pisang goreng lo tambahin sayuran ya. Misalnya lo bisa tambahkan beragama sayuran di adonan olahan bakwan dan tahu isi. Sayuran yang cocok untuk melengkapi gorengan biasanya, seperti wortel, seledri, kecambah, kol, dan daun bawang. Disarankan juga buat konsumsi buah-buahan setelah makan goreng, supaya aman tanpa panas dalam dan menghambat menghambat penyerapan kolesterol jahat di tubuh, sehingga jauh dari risiko penyakit jantung.

  • Sebelum Disajikan, Keringkan Minyak Dengan Tisu

Setelah gorengan matang, sebaiknya jangan langsung dimakan, Jesscoolers! Karena masih panas juga kah, hehe. Coba untuk ditiriskan dulu dengan menggunakan tisu dapur untuk menyerap minyak yang berlebih. Dengan cara ini, minyak goreng yang dikonsumsi jadi lebih sedikit dan makan gorengan tetap aman tanpa panas dalam. 

Mentang-mentang sudah kenyang makan gorengan, jangan bikin lo jadi males, Jesscoolers! Seimbangkan tubuh lo dengan olahraga dan konsumsi buah-buahan. Terus, biar makan goreng tetap aman tanpa panas dalam lo bisa minum Jesscool! Karena Jesscool mengandung bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan; dan chicory root dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit akibat panas dalam. Hidup sehat nggak bakal sulit kalau lo menjalaninya dengan senang hati. Semoga tips ini bermanfaat ya!