Saat ini semua orang harus bertahan di tengah gempuran virus. Mau tidak mau, salah satu syarat untuk bertahan adalah dengan menjaga kesehatan badan. Memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik bisa menjadi kunci sukses buat mencegah virus, bakteri, atau kuman yang dapat mengganggu kesehatan. Nggak cuma menjaga tubuh dari serangan virus, daya tahan tubuh yang baik juga bisa bikin lo bebas dari panas dalam lho, Jesscoolers!

Menurunnya daya tahan tubuh atau imunitas terjadi karena beberapa hal, misalnya kayak pola makan berantakan, asupan gizi yang nggak seimbang, kebiasaan buruk seperti begadang, atau gangguan cuaca yang kadang suka nggak jelas. Selain itu, tanda daya tahan tubuh kurang fit juga bisa ditandai dengan tubuh yang nggak bebas dari panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, maupun sakit tenggorokan. 

Baca juga:

Di masa kayak sekarang ini, sedikit saja badan terasa kurang enak pasti bisa bikin parno. Padahal bisa saja, itu hanya terkena serangan gejala panas dalam. Nah, biar hati tetap tenang, nggak stress, dan bebas panas dalam, yuk lakukan tips berikut ini untuk tingkatkan daya tahan tubuh atau imunitas biar nggak gampang kena penyakit, seperti panas dalam!

Cukupi Asupan Gizi Seimbang Biar Imunitas Kuat dan Bebas Dari Panas Dalam

Gizi seimbang itu kayak gimana sih? Sudah makan secara teratur, tetapi kok masih gampang sakit? Pola makan dengan gizi seimbang memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dan bikin bebas dari panas dalam. Namun, secara tidak disadari mungkin kandungan nutrisi yang kita makan masih belum seimbang. Karena manusia memerlukan asupan sayur dan buah minimal setengah porsi piring, ditambah lagi dengan seperempat piring protein hewani atau nabati yang rendah lemak dan seperempat piring lagi karbohidrat. Sumber lain juga menyebutkan bahwa, pola makan dengan gizi seimbang terdiri dari makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak serta mikronutrien (vitamin dan mineral). Komposisi makanan ini harus ada dalam sepiring nasi untuk mendapatkan imunitas yang baik.

Oleh karena itu, manusia nggak bisa mengabaikan salah satu dari bahan-bahan pokok di atas, bahkan ketika sedang diet sekalipun. Mungkin bagi banyak orang karbohidrat ditakutkan karena bisa bikin gemuk, padahal sebenarnya bahan makanan ini diperlukan untuk mengisi energi di dalam tubuh. Jadi jangan sampai dilewatkan tuh, Jesscoolers, biar daya tahan tubuh lo tetap kuat dan bebas dari panas dalam.

Konsumsi Makanan Sehat, Itu Wajib!

Supaya daya tahan tubuh atau imunitas tetap baik dan bebas dari panas dalam, pastikan setiap hari buat konsumsi dua porsi sayuran dan buah-buahan segar dengan kandungan nutrisi yang sempurna untuk menambah vitamin dan mineral dalam tubuh. Sedangkan untuk asupan protein, penuhi dengan konsumsi daging merah atau putih dalam porsi kecil setiap beberapa hari sekali. Atau bisa juga didapat dari daging ikan atau tempe yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang, supaya asupan protein yang didapat lebih banyak. Karena jika makanan tersebut diolah dengan cara digoreng akan berisiko menyebabkan kolesterol yang tinggi dan munculnya gejala panas dalam kayak sakit tenggorokan atau sariawan. So, sebaiknya kurangi makanan yang digoreng atau dimasak dengan santan kental dan pedas ya, Jesscoolers! 

Banyak Minum Air Putih

Tips berikutnya supaya Imun meningkat dan tubuh bebas dari panas dalam adalah dengan minum air dalam jumlah yang cukup. Setiap hari manusia membutuhkan minimal 8 gelas atau 1,5 liter cairan. Dengan begitu, panas di dalam tubuh akan menjauh. Dengan asupan gizi yang seimbang dan ditambah konsumsi air yang cukup, tubuh bisa lebih kuat untuk beraktivitas dan bebas dari panas dalam. 

Jauhi Stres

Tanpa kita sadari, stres bisa menyebabkan daya tahan tubuh atau imunitas melemah dan bikin badan nggak bebas dari panas dalam. Sebab, stres dapat memicu hormon kortisol, di mana bikin kita jadi nggak nafsu makan. Stres sendiri dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja, sesederhana seperti macet ketika pergi ke kantor sampai memikirkan masa pandemi ini akan segera berakhir. Daripada mengalami stres yang berkepanjangan, yang bisa bikin daya tahan tubuh atau imunitas melemah dan bikin badan nggak bebas dari panas dalam, lebih baik lo lakukan hal-hal yang disukai untuk menghibur diri sendiri. Misalnya dengan mendengarkan musik, berolahraga, telponan atau video call bareng teman, berkebun, hingga bermain bersama hewan peliharaan. Walaupun sedang sibuk, sebisa mungkin untuk memiliki me time agar jenuh dan penat hilang. 

Ikut Klub Atau Komunitas Olahraga

Manfaat olga alias olahraga bukan cuma buat jaga penampilan saja, tetapi yang paling penting buat jaga daya tahan tubuh dan bebas dari panas dalam. Biar semangat tetap terpacu coba mengikuti klub atau komunitas olahraga, terutama yang kini sedang tren. Lakukan aktivitas fisik kekinian seperti lari, bersepeda, zumba, yoga, hingga freeletics bersama teman-teman. Selain tubuh bugar, jadi makin banyak teman juga kan! Namun, selama masa pandemi ini, lebih baik lakukan olahraga di rumah ya, Jesscoolers! Atau lo bisa saling olahraga bareng melalui conference call dan selalu patuhi protokol kesehatan. 

Di era adaptasi kebiasaan baru ini memang banyak yang berubah. Tetapi badan tetap harus sehat agar nggak kena virus yang belum ada vaksinnya ini. Untuk itu, jangan lupa juga selalu pakai masker jika keluar rumah, cuci tangan sebelum menyentuh dengan sabun, rajin mandi, dan jaga jarak. Buat jaga daya tahan tubuh dan biar bebas dari panas dalam lo bisa minum Jesscool!

 
Dengan kandungan bahan alami extract thyme dan akar chicory, Jesscool mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Nggak cuma bikin lo bebas dari panas dalam,  Jesscool juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan BAB, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh!