Mungkin lo pernah ngalamin kondisi pas lagi enak-enaknya makan tiba-tiba gusi terasa sakit dan nggak nyaman. Setelah dilihat, ternyata ada sariawan di gusi! Kesel banget pasti rasanya kan. Bukan pas makan saja, ketika minum dan kalau ngomong pun mulut jadi terasa sangat sakit. Duh, nggak banget!

Sariawan diketahui sebagai salah satu masalah kondisi kesehatan gusi dan mulut yang paling umum ditemui. Selain sariawan di gusi, sariawan juga pastinya kita sering rasakan di bibir, lidah atau rongga mulut lainnya. 

Biasanya, bentuk sariawan di gusi bulat sedikit lonjong atau oval dan pada bagian tengahnya berwarna putih, kekuningan atau terkadang kemerahan. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Lalu, apa sih penyebab timbulnya sariawan di gusi? Yuk, kita cari tahu selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Baca juga: Ini Perbedaan Sakit Tenggorokan Karena Panas Dalam dan Covid-19

Beberapa Penyebab Sariawan di Gusi

Stomatitis aphtosa atau biasa kita kenal dengan sariawan merupakan luka kecil di mulut berwarna putih yang muncul di bagian mulut mana saja. Mulai sariawan di gusi, bibir, langit-langit mulut, sisi dalam pipi, lidah, hingga tenggorokan. 

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri bahkan membuat kita sulit makan, minum maupun berbicara. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko munculnya sariawan di gusi, yaitu:

1. Trauma dan Iritasi

Trauma dapat timbul akibat perawatan gigi, seperti menyikat gigi terlalu keras sehingga gusi menjadi lecet atau luka. Sariawan bisa juga terjadi karena penggunaan kawat gigi yang kurang pas sehingga mengakibatkan luka. 

Selain itu, luka di mulut juga dapat dipicu oleh iritasi akibat kandungan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung bahan kimia tertentu, seperti sodium lauryl sulfate atau SLS.

2. Sensitivitas Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang lo konsumsi sehari-hari juga dapat memicu timbulnya sariawan lho, Jesscoolers! Misalnya pada jenis makanan dan minuman yang terlalu panas dan memiliki cita rasa pedas serta asam dapat mengiritasi jaringan lunak dalam rongga mulut, termasuk gusi.

Selain itu sensitivitas dan alergi makanan tertentu juga bisa jadi penyebabnya, seperti cokelat, kopi, telur, kacang-kacangan, kayu manis, keju, nanas, dan buah-buahan sitrus yang menyebabkan iritasi. 

3. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, vitamin C, zinc, zat besi, dan asam folat bisa menjadi penyebab sariawan di gusi dan area rongga mulut lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk kita memenuhi asupan nutrisi yang bergizi agar sistem imun tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari risiko munculnya sariawan di gusi.

4. Panas Dalam

Kalau dilihat dari kacamata medis, sebenarnya panas dalam bukanlah penyakit, melainkan istilah atau sebutan untuk gejala-gejala yang membuat tubuh terasa tidak nyaman seperti susah BAB, bibir pecah, sakit tenggorokan, termasuk juga sariawan.

5. Penyakit Tertentu

Sariawan di area mulut lainnya yang sering muncul, berukuran besar, yang nggak kunjung sembuh juga dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu. Misalnya, lupus, penyakit Celiac, penyakit Crohn, penyakit Behcet, dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Supaya lo terhindar dari sariawan di gusi maka biasakan untuk menjaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi dengan lembut dan perlahan, mengonsumsi makanan yang bergizi, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dan lengkapi dengan Jesscool! 

Kenapa Jesscool? Karena Jesscool terbuat dari bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, serta chicory root dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan juga menyegarkan!