Rutinitas sekolah maupun pekerjaan yang dijalankan setiap hari, mungkin bukan hal asing lagi bagi kita. Terkadang, karena harus mengejar deadline, kita sampai rela mengerjakannya hingga larut malam, bahkan juga mungkin terpaksa merelakan akhir pekan. Kalau sudah seperti itu, tentu badan dan pikiran jadi lelah, yang efeknya bisa menyebabkan stres. Tapi, tahu nggak sih lo, Jesscoolers? Ternyata stres bisa menyebabkan panas dalam! Kok, bisa?

Baca juga: 

Alasan Kenapa Stres Bisa Menyebabkan Panas Dalam

Ketika kita dalam kondisi banyak tekanan, hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh, bahkan psikologis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Ohio State University, membuktikan bahwa stres psikologis menimbulkan gangguan komunikasi antara sistem saraf, endokrin (hormon) sistem dan juga daya tahan tubuh.

Melakukan kegiatan dan aktivitas dalam skala yang tidak wajar sehingga menimbulkan banyak pikiran, menyebabkan fungsi organ tubuh bekerja dengan cepat tanpa adanya pendinginan dan asupan energi yang berimbang. Ditambah faktor emosional yang muncul akibat stres yang berdampak langsung kepada aktivitas makan dan minum sehingga menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Efek dari daya tahan tubuh menurun akibat stres yang berkepanjangan tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya stres bisa menyebabkan panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, sembelit, dan gejala lainnya yang menyerang tubuh kita. 

Terapkan Gaya Hidup yang Bisa Mengontrol Stres

Memang, stres bisa menyebabkan panas dalam dan nggak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, stres yang berkepanjangan juga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting banget buat kita mengendalikan stres yang dialami agar menjadi lebih stabil dan stres yang bisa menyebabkan panas dalam mampu ternetralisir.

Misalnya saja menerapkan gaya hidup sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi harian dengan mengonsumsi sayuran dan buah dalam beragam bentuk olahan, seperti makanan ataupun minuman adalah langkah termudah mendapatkan asupan keseimbangan gizi serta energi yang diperlukan oleh tubuh terutama saat stres melanda. Karena selain berfungsi mendinginkan, sayuran dan buah bermanfaat mencegah hilangnya daya tahan tubuh akibat tekanan stres, karena nutrisi tubuh yang seimbang mampu membantu menjaga tubuh tetap fit di tengah rutinitas yang padat. Berikut ada beberapa tips lainnya yang bisa lo lakukan untuk mengontrol stres: 

1. Lakukan Hobi yang Lo Suka

Memang, stres bisa menyebabkan panas dalam. Tapi, itu bisa dikendalikan dengan melakukan hobi yang lo sukai. Dengan begitu, maka beban pikiran yang menyebabkan stres akan teralihkan dan membuat pikiran lebih santai.

2. Melakukan Olahraga Rutin Setiap Pagi

Lakukanlah olahraga setiap pagi secara rutin. Karena, kita tahu bahwa udara pagi masih bersih dan menyegarkan, bagus banget kalau lo berolahraga di pagi hari. Lo bisa melakukannya minimal 20 menit setiap pagi, agar peredaran darah dapat berjalan lancar, imunitas meningkat, dan pikiran jadi lebih segar.

3. Liburan

Kalau lo sudah merasa sangat penat, sebaiknya ambilah waktu buat liburan. Misalnya, lo bisa mengunjungi tempat wisata seperti, museum, gunung, pantai, dan lainnya. Pemandangan alam yang indah dan udara segar, pastinya bisa bikin pikiran lo jadi lebih cool dan semangat terisi kembali. Tetapi, mengingat pandemi masih belum berakhir, sebaiknya carilah hiburan di rumah yang bisa membuat rileks, seperti bermain game, baca buku, nonton film, memasak, dan lainnya. 

Nah, itulah alasannya kenapa stres bisa menyebabkan panas dalam dan juga beberapa tips buat menghindarinya. Lo bisa melakukan tips tersebut secara rutin buat mengurangi tekanan akibat banyaknya aktivitas. Tapi, kalau sampai stres yang bisa menyebabkan panas dalam menyerang, sebaiknya lo atasi dengan minum Jesscool. Minuman penyegar panas dalam yang terbuat dari bahan alami extract thyme, yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan; serta kandungan  chicory root dengan serat inulin di dalamnya mampu membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.