Bisa dibilang, hampir semua orang di Indonesia menyukai makanan pedas. Mulai makan cabai mentah sampai diolah. Dari yang levelnya biasa, sampai yang levelnya bikin mata berkaca-kaca. Makanan pedas yang berbahan dasar cabai ini memang dipercaya dapat memberikan manfaat positif. Tapi, kalau dikonsumsi secara berlebihan, bahaya makanan pedas malah membuat tubuh jadi nggak baik. 

Mungkin, banyak orang merasa bahwa makanan akan terasa lebih enak saat dibuat dalam versi pedas. Meski memberi sensasi lidah terbakar, justru hal inilah yang dicari pecinta makanan pedas untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, ketika sering mengonsumsinya, mereka nggak sadar bahwa bahaya makanan pedas secara nggak langsung, jika dikonsumsi berlebihan akan memberi dampak yang nggak bagus buat tubuh. 

Tapi, lo tahu nggak sih, Jesscoolers, kalau sebenarnya pedas itu bukanlah rasa? Nahlo, terus apa dong?! Nah, pedas itu sendiri merupakan sensasi yang muncul akibat zat kimia yang bernama capsaicin. Karena dikatakan zat kimia, maka pedas bisa menyebabkan berbagai macam masalah dalam tubuh. Bisa dibilang bahaya makanan pedas bisa menyerang tubuh ketika kita terlalu sering konsumsi makanan pedas. Terus, apa saja sih bahaya makanan pedas yang bisa menyerang tubuh kita? Mari kita simak ulasannya!

Baca juga: 

Meskipun banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi makanan pedas, tapi nggak serta-merta kita bisa nikmati dalam jumlah porsi yang banyak. Kita perlu ngebatasin diri dengan takaran yang pas supaya gangguan-gangguan yang menyerang tubuh bisa dihindarin. Adapun berikut bahaya makanan pedas jika dikonsumsi berlebihan: 

1. Bahaya Makanan Pedas Bikin Lidah Mati Rasa

Lo tahu nggak sih Jesscoolers, salah satu bahaya makanan pedas tuh bisa mengurangi sensitivitas lidah atau pengecap dalam mengecap rasa, bahkan sensitivitas lidah bisa jadi hilang secara berangsur. Awalnya, lidah akan terasa panas seperti terbakar, lama kelamaan ia akan mati rasa. Jadi, saat lo sedang konsumsi makanan, lidah nggak bisa merasakan lagi yang namanya manis, asin, maupun pedas. Serem banget kan?! Makanya kalau dirasa sensitivitas lidah sudah nggak lagi berfungsi optimal, lo harus sangat mengurangi porsi makanan pedas deh, Jesscoolers.

2. Menyebabkan Penyakit Maag Akut

Bahaya makanan pedas berikutnya adalah Gastritis atau biasa disebut juga dengan maag akut. Hal ini terjadi dikarenakan ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, maka permukaan lambung menjadi rapuh, sehingga lambung menjadi mudah terluka. Gejala yang dirasa ketika lo terkena maag akut biasanya, seperti mual, muntah, perut kembung, dan diare. Nah, kalo lo udah merasakan hal tersebut, maka kalian wajib waspada. 

3. Bahaya Makanan Pedas Bisa Bikin Refluks Asam

Bahaya makanan pedas nggak bisa disepelekan lho, Jesscoolers. Karena bagi kalian atau beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit lambung, bisa saja mengalami refluks asam. Apa sih itu? Refluks asam adalah kondisi di mana kadar asam pada lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Nah, kalau asam lambung sudah naik ke kerongkongan, hal tersebut akan merusak kondisi kerongkongan. Maka dari itu, jangan pernah sepelekan bahaya makanan pedas ya. 

4. Bikin Terjaga di Malam Hari Alias Insomnia

Siapa sangka, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas bisa bikin lo susah tidur di malam hari alias insomnia, lho! Karena, jika kita makan makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat. Itulah mengapa tubuh kita juga berkeringat ketika makan makanan pedas. Ada sebuah studi yang dipublikasikan oleh The International Journal of Psychology mengatakan, bahwa bahaya makanan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat kita bisa terjaga di malam hari.

5. Menimbulkan Gejala Panas Dalam

Konsumsi makanan pedas secara berlebihan memang sering menjadi penyebab munculnya gejala panas dalam, seperti sariawan dan sakit tenggorokan. Karena makanan pedas yang mengandung cabai, merica, atau lada, jika dikonsumsi secara berlebihan, bahaya makanan pedas bisa memperburuk sakit pada tenggorokan.

Nah, buat mengatasi gejala panas dalam karena makan makanan pedas yang berlebihan, sebaiknya minum Jesscool yang beneran bikin cool! Karena Jesscool mengandung bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, serta mengandung akar chicory dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit air besar akibat panas dalam sekaligus bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.