Siapa yang nggak pernah terserang panas dalam? Kalo nggak pernah hebat sih lo! Soalnya, panas dalam merupakan gangguan kesehatan yang sering menyerang tubuh, apalagi kalau imunitas sedang lemah.

Masalah kesehatan ini, biasanya ditandai dengan sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, hingga sembelit. Lalu, bahaya medis apa sih yang mungkin timbul kalau kita nggak segera atasi panas dalam?

Supaya panas dalam nggak semakin parah, silakan simak cara atasi panas dalam berikut. Eits, tapi sebelum lanjut ke cara mengatasinya, sesuai dengan judul mari kita bahas dulu bahayanya! 

Baca juga: Seram! Ini 5 Bahaya Makanan Pedas Jika Sering Dikonsumsi

Bahaya Medis Jika Tak Segera Atasi Panas Dalam

Saat ini banyak banget gejala gangguan kesehatan yang sering dikait-kaitkan dengan orang yang sedang mengalami panas dalam. Misalnya saja yang paling umum, ketika seseorang mengalami sakit di bagian tenggorokan atau sakit saat menelan ketika makan. Bahkan bau kurang sedap yang muncul dari mulut dan bibir yang terlihat pecah-pecah. 

Padahal, panas dalam sebenarnya nggak masuk dalam kategori medis karena ini bukanlah sebuah penyakit. Gejala-gejala panas dalam ini merupakan kumpulan dari berbagai gejala adanya infeksi bakteri dan virus.

Biarpun hanya gejala, hal tersebut jangan dianggap sepele. Kita harus segera atasi panas dalam, karena gejala tersebut dapat menimbulkan bahaya medis yang serius jika nggak segera diatasi, seperti berikut ini:

  1. Atasi Panas Dalam Agar Asam Lambung Nggak Naik

Keluhan panas dalam seperti nyeri pada perut bagian atas dan rasa terbakar di dekat dada berkaitan dengan naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan oleh asam lambung yang naik sehingga mengiritasi tenggorokan. Gangguan ini biasanya terjadi di pagi atau malam hari.

  1. Radang Tenggorokan Akibat Panas Dalam

Radang tenggorokan sendiri disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Menurut American Academy of Otolaryngology, selain dari infeksi, radang tenggorokan juga bisa dipicu oleh alergi atau kenaikan asam lambung sampai ke tenggorokan, atau laryngopharyngeal reflux (LPR). Nah, kondisi inilah yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan jika kita tak segera atasi panas dalam. 

  1. Gangguan Pencernaan

Masalah di saluran pencernaan, seperti lambung dan usus, dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan nyeri perut, sembelit, ataupun rasa panas yang tidak nyaman di dalam tubuh. Gejala ini serupa dengan keluhan saat mengalami panas dalam.

Berbagai hal seperti infeksi bakteri atau virus dan iritasi akibat makanan kurang serat, panas, dan tinggi lemak.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Panas dalam juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, yang diiringi dengan rasa nyeri, panas, dan gatal pada tenggorokan. Selain itu ada gejala lain seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan batuk. Bahkan, kita juga akan merasa demam selama kurang lebih 2 sampai 3 hari. 

Cara Atasi Panas Dalam

Ketika panas dalam, lo bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Adapun berikut beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Istirahat yang Cukup

Ketika mengalami gangguan panas dalam, maka yang kita butuhkan pertama adalah istirahat yang cukup untuk melakukan pemulihan. Dengan istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik sehingga panas dalam dapat teratasi.

Jalankan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat bukan sekedar jargon saja, tapi harus benar-benar lo tatap untuk atasi panas dalam. Misalnya lo bisa mulai dengan melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, dan kontrol stres. Dengan begitu tubuh lo bukan hanya terhindar dari panas dalam, tapi juga terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan lainnya.

Jangan Lupa Untuk Minum Jesscool

Salah satu penyebab munculnya panas dalam adalah ketika kebutuhan cairan pada tubuh lo nggak tercukupi. Selain dengan rutin minum air putih, lo juga bisa tambahin dengan minum Jesscool! 

Karena Jesscool minuman penyegar yang terbuat dari bahan alami extract thyme yang mampu atasi panas dalam menyerang, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. 

Kandungan bahan alami lainnya, seperti chicory root dengan serat inulinnya, mampu membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jesscool hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan juga menyegarkan!