Jesscoolers, kalian sudah pernah dengar jenis tanaman yang bernama thyme atau timi? Sebenarnya ada apa sih di balik tanaman ini dan apa saja yang bisa didapat dari manfaat extract thyme untuk kesehatan tubuh? Mari kita bahas bersama! 

Tanaman Thyme atau timi yang bernama latin Thymus Vulgaris ini merupakan sejenis tanaman mint yang berasal dari daratan Eropa. Nah, selain buat masakan atau penyedap makanan, manfaat tanaman ini sejak dulu dikenal sebagai obat-obatan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, tanaman ini bisa diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi, hingga bahkan masyarakat Mesir dan Yunani menggunakan sebagai persiapan pembalseman orang mati. Waaa, menarik ya! 

Manfaat Extract Thyme Dari Daun Thyme Untuk Kesehatan

Beberapa penelitian bilang bahwa manfaat extract thyme dari daun tanaman thyme ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, zat besi, zinc, kalsium, magnesium, dan kalium.

Selain itu, manfaat extract thyme juga mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol dan thymol. Nah, zat thymol inilah yang memberikan aroma khas pada daun thyme. Dengan beberapa jenis nutrisi dan antioksidan di atas, daun thyme dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Meredakan Batuk

Menurut beberapa studi, minyak esensial yang mengandung manfaat extract thyme dari daun tanamannya dipercaya sebagai obat batuk alami untuk mengatasi batuk akibat flu. Hal ini karena extract daun thyme itu sendiri mengandung antioksidan dan anti radang

2. Membunuh Bakteri di Rumah

Manfaat extract thyme yang didapat dari daun tanamannya tidak hanya dengan mengonsumsi ekstraknya saja lho, Jesscoolers! Hal lain yang bisa didapatkan adalah menjadikan daun thyme ini sebagai bahan pembersih rumah. Menurut jurnal Letters in Applied Microbiology, menemukan bahwa minyak esensial thyme memiliki senyawa antijamur.

Senyawa aktif yang dimaksud adalah p-cymene (36,5%), thymol (33,0%) dan 1,8-cineole (11,3%). Nah. lo bisa menggunakan minyak ini untuk membersihkan dinding rumah yang berjamur, Jesscoolers!

3. Meredakan Peradangan dan Iritasi Pada Kulit

Manfaat lain yang bisa didapat menurut beberapa studi menunjukkan dapat meringankan kondisi peradangan dan iritasi pada kulit, seperti penyakit eksim dan jerawat. Hal ini berkat kandungan thymol di dalam daun thyme yang memiliki sifat anti radang, antioksidan, dan antibakteri. Oleh karena itu, manfaat extract thyme ini juga digunakan untuk kosmetik dan krim antibakteri sebagai bahan dasarnya.

4. Meredakan Nyeri

Buat para wanita, tanaman ini ini dipercaya bisa meringankan nyeri di saat menstruasi karena sifat anti radang dan anti nyeri yang terkandung, sehingga dapat meringankan nyeri akibat kram di saat menstruasi.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat extract thyme lain yang nggak kalah penting di saat situasi kayak gini adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena tanaman thyme merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin C, dan antikosidan.

Jadi, kandungan-kandungan itulah diketahui dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam meningkatkan sistem imun dengan melawan infeksi virus dan bakteri penyebab datangnya penyakit. Salah satunya yang paling dekat dengan kita adalah gangguan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan.

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh dan dari gejala panas dalam, lo bisa minum Jesscool nih, Jesscoolers! Karena terdapat kandungan utama bahan alami yaitu, extract thyme yang mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan; Chicory Root dengan kandungan serat inulin yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan BAB, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. 

Itulah berbagai penjelasan tentang manfaat dari extract thyme atau tanaman thyme. Semoga bermanfaat ya, Jesscoolers!