Sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan hingga sembelit adalah beberapa gejala panas dalam yang biasa terjadi. Tapi, tahu nggak sih lo, Jesscoolers? Sebenarnya panas dalam itu terjadi karena kekurangan vitamin apa?

Baca juga: Segera Atasi Panas Dalam, Sebelum Bahaya Medis Ini Datang!

Sebelum membahas panas dalam kekurangan vitamin apa, lo harus tahu dulu nih kalau ternyata panas dalam sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan pertanda tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. 

Yup, panas dalam nggak ada dalam istilah medis. Penyebab panas dalam sendiri biasanya berasal dari penyakit lain. Panas dalam sebenarnya hanya penggambaran dari kondisi sakit tenggorokan yang membuat penderitanya merasa nyeri dan berbagai keluhan lain. Dikenal dengan istilah panas dalam sebab tenggorokan lo akan cenderung merasa panas ketika mengalami kondisi ini.

Biasanya, panas dalam terjadi karena tubuh dianggap kekurangan vitamin C. Tapi, sebenarnya nggak cuma itu lho, Jesscoolers! Panas dalam bisa terjadi karena tubuh kekurangan beberapa hal berikut ini.

Panas Dalam Karena Kekurangan Vitamin C

Ini pasti hal pertama yang langsung ada di pikiran lo ketika terkena panas dalam. Tapi memang benar sih, vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus. 

Kekurangan vitamin C  bisa bikin daya tahan tubuh melemah. Akhirnya, membuat bakteri mudah menyerang deh. Jika mengalami bibir kering atau pecah-pecah, bisa jadi itu merupakan sinyal jika tubuh kekurangan vitamin C. Untuk itu, yuk rajin konsumsi vitamin C melalui buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, nanas dan masih banyak yang lainnya.

Kebanyakan Begadang dan Kurang Istirahat

Aktivitas yang padat sering kali membuat lo lupa istirahat? Ini bisa jadi salah satu penyebab munculnya panas dalam. Lo tahu kan, Jesscoolers, kalau tubuh juga perlu waktu untuk istirahat? Jika lo begadang terus, daya tahan tubuh bisa menurun sehingga membuat bakteri dan virus mudah menyerang. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab panas dalam.

Jarang Makan Sayur

Nggak doyan sayur? Hati-hati ya, Jesscoolers! Kurang makan sayur bisa menjadi penyebab munculnya  panas dalam yang ditandai dengan sembelit. Sembelit  adalah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi saat panas dalam. Hal ini dikarenakan lo terlalu banyak makan makanan berlemak yang sulit dicerna oleh perut. Apalagi kalau dibarengi dengan pola makan nggak sehat serta kekurangan cairan tubuh, panas dalam bisa terjadi kapan saja.

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab panas dalam. Tubuh yang kekurangan pasokan cairan bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Nah, hal ini bisa menjadi kesempatan bagi virus dan bakteri untuk melemahkan tubuh. Oleh sebab itu, lo dianjurkan untuk mengonsumsi cukup air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Kurang Bahagia

Lah, apa hubungannya bahagia dan panas dalam? Gini, Jesscoolers, saat mengalami stres, kondisi tubuh jadi menurun. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, jajan sembarangan, kurang istirahat dan kurang mengonsumsi air putih. Jadi, saat panas dalam menyerang, pastikan lo tetap dalam keadaan bahagia, ya!

Sekarang lo sudah tahu kan penyebab panas dalam itu karena kekurangan vitamin apa? Jika lo sekarang sedang mengalami panas dalam, bisa jadi lo kekurangan salah satu dari lima hal di atas. Nah, untuk mengatasi panas dalam yang menyerang, nggak perlu repot langsung aja minum Jesscool! Karena di dalam Jesscool terdapat 3 kandungan utama bahan alami yaitu, Extract Thyme yang mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. 

Kemudian ada juga Chicory Root dengan kandungan serat inulin yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan BAB, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh; dan Bitter Orange Peel yang mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti nyeri lambung maupun muntah.

Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis tanpa perlu diaduk dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan menyegarkan!