Bibir pecah-pecah atau yang dalam dunia medis disebut seilitis adalah kondisi di mana bibir kering, merah, dan pecah-pecah. Kondisi ini cukup umum, namun bisa sangat menyiksa dan mengganggu penampilan. Oleh karena itu, ada baiknya lo ketahui penyebab bibir pecah-pecah dan cara ampuh mengatasinya.

Baca juga: Makanan Pedas Bikin Bibir Pecah-Pecah dan Kering, Kok Bisa?

Kulit bibir memiliki tekstur berbeda dari kulit tubuh lain. Pasalnya, kulit bibir lebih tipis dan halus. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Karena itu, bibir menjadi rentan kering dan pecah-pecah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab bibir pecah-pecah dan cara ampuh mengatasinya, yuk simak ulasan berikut ini, Jesscoolers!

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Mulai dari faktor internal seperti kebiasaan hingga faktor eksternal seperti cuaca dan paparan sinar matahari. 

Dengan mengetahui penyebab bibir pecah-pecah, tentu akan membantu lo untuk menjaga kondisinya biar nggak menjadi lebih parah. Berikut ini beberapa penyebab bibir pecah-pecah yang perlu lo ketahui.

  1. Cuaca dan Paparan Sinar Matahari

Cuaca menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah yang paling utama. Apalagi dalam keadaan cuaca dingin, bibir akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Begitu pun saat cuaca sedang panas. Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. 

Sebab, sinar ultraviolet (UV) terbukti dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan rusak. Paparan sinar matahari terlalu lama juga dapat mengakibatkan kondisi medis bernama aktinik keratosis yang mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah serta teksturnya kasar.

  1. Kebiasaan Menjilat Bibir

Penyebab bibir pecah-pecah berikutnya adalah kebiasaan menjilat bibir. Hayo ngaku, di saat bibir kering melanda, lo pasti akan menjilat bibir untuk membuatnya basah kembali, kan? 

Menjilat bibir memang dapat menghilangkan kondisi bibir kering dan pecah-pecah, tetapi hanya sementara waktu. Kebiasaan ini justru akan membuat air liur menguap di bibir, dan menarik kelembapan dari bibir sehingga membuat permukaan bibir akan semakin kering.

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asin dan Pedas

Jika akhir-akhir ini lo sedang mengalami bibir pecah-pecah, coba deh perhatikan kembali makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi makanan asin dan pedas ternyata juga bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah.

Garam yang terkandung pada makanan asin dapat menarik kelembapan air dan mengiritasi kulit bibir sehingga kulit jadi rentan kering. Begitu pun pada makanan bercita rasa pedas.

  1. Dehidrasi

Penyebab bibir pecah-pecah lainnya adalah kondisi dehidrasi atau kekurangan air. Saat tubuh mengalami dehidrasi, hal ini bisa berdampak pada kesehatan kulit, termasuk permukaan kulit bibir. Makanya, jangan lupa minum 8 gelas air putih dalam sehari guna mencegah dehidrasi ya, Jesscoolers!

  1. Bibir Pecah-Pecah Akibat Panas Dalam

Ketika panas dalam menyerang, maka biasanya akan muncul berbagai keluhan. Salah satunya ya bibir pecah-pecah. Panas dalam dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu banyak makan makanan pedas, gorengan, minum minuman dingin atau kelelahan.

Nah, kalau bibir pecah-pecah dan kering akibat panas dalam, lo bisa minum Jesscool! Karena di dalam Jesscool terdapat 3 kandungan utama bahan alami yaitu, Extract Thyme yang mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. 

Kemudian Chicory Root dengan kandungan serat inulin yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan BAB, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh; dan Bitter Orange Peel yang mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti nyeri lambung maupun muntah.
Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis tanpa perlu diaduk dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan menyegarkan!