Jesscoolers, pernah nggak sih lo ngerasain ketika sedang asyik menikmati dan menyantap, makanan pedas, tiba-tiba mata dan hidung lo berair? Meski lo nggak lagi nangis atau pilek, tapi lo sampai harus beberapa kali menyeka air yang keluar dari mata dan hidung. 

Tenang, hal ini wajar kok, karena memang beberapa makanan pedas bikin nangis dan hidung berair.

Pada umumnya, makanan pedas pasti menggunakan cabai atau lada. Kedua rempah ini mengandung capsaicin, yaitu zat yang menyebabkan sensasi terbakar ketika bersentuhan dengan jaringan tubuh, seperti kulit, mulut, atau mata. Nah, inilah sebabnya makanan pedas bikin nangis dan hidung berair. 

Baca juga: 

Capsaicin, Penyebab Makanan Pedas Bikin Nangis dan Hidung Berair

Seperti dijelaskan sebelumnya, Jesscoolers, rasa pedas dan sensasi terbakar yang dihasilkan dari cabai disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari senyawa atau bahan aktif yang disebut capsaicin. Nah, capsaicin sendiri merupakan senyawa kimia nabati yang berasal dari alam atau ditemukan dalam buah-buahan dari Genus Capsicun, seperti cabai dan paprika. Senyawa ini biasanya terdapat dalam jumlah relatif tinggi pada biji tanaman dengan jenis tersebut, serta dalam konsentrasi rendah di bagian lainnya.

Namun di balik jasanya yang mengakibatkan makanan pedas bikin nangis dan hidung berair, ternyata capsaicin punya banyak manfaat, lho. Capsaicin digunakan tumbuhan cabai untuk sistem pertahanan dirinya supaya nggak dimakan oleh pemangsa seperti hewan atau serangga. Selain itu, capsaicin juga telah dipelajari membawa berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti baik untuk kardiovaskular, menurunkan berat badan, dan membantu mencegah bisul. 

Lalu, Kenapa Capsaicin Bisa Menjadikan Makanan Pedas Bikin Nangis dan Hidung Berair?

Menurut penelitian, capsaicin dapat merangsang sekresi lendir, sehingga menjadikan cabai membantu mengatasi hidung tersumbat, sinusitis, flu, sesak paru-paru, dan tentunya membuat orang seakan-akan menangis karena mata berair. Sebenarnya hal ini juga sebagai bentuk perlindungan tubuh terhadap benda-benda asing dari luar hidung.

Sedangkan mata berair ketika makan makanan pedas, bisa juga disebabkan oleh karena terjadinya iritasi pada selaput lendir atau biasa disebut mucous membrane yang ada di mata. Karena ketika cabai atau paprika terpapar suhu panas saat dimasak, capsaicin akan menyeruak keluar dan bercampur dengan udara sekitar yang membuat senyawa ini masuk ke mata atau hidung dan membuat mata atau hidung menjadi berair. 

Hidung berair ketika makan makanan pedas berbeda ketika lo sedang pilek kok, Jesscoolers. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya, sehingga lo nggak perlu obat lagi buat hilangin rasa pedas. Makanan pedas bikin nangis dan hidung berair cuma sementara, lo cuma perlu meredakan rasa pedas lebih cepat saja, salah satunya dengan minum susu. Susu sendiri berbeda dengan air putih biasa. Susu mengandung protein kasein yang bisa menghapus efek capsaicin atau allyl isothiocyanate pada mulut. Sementara air putih tidak membuat sensasi panas cepat hilang. Alih-alih buat hilangin rasa pedas, eh malah bikin perut jadi kembung karena banyak minum air putih. 

Selain makanan pedas bikin nangis dan hidung berair, kalau lo kebanyakan juga bisa menyebabkan gejala panas dalam, Jesscoolers! Karena ketika lo sering makan makanan pedas atau makan terlalu pedas, rongga mulut maupun tenggorokan bisa menyebabkan iritasi dan luka. Jika terjadi peradangan karena hal tersebut, maka itu dapat memicu terjadinya panas dalam. Nah, biar tetap enjoy saat menikmati makanan pedas, jangan lupa sedia Jesscool juga biar lo tetap cool kalau lagi makan makanan pedas. Karena Jesscool merupakan minuman penyegar panas dalam yang mengandung bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, serta mengandung akar chicory dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit air besar akibat panas dalam sekaligus bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Pas banget kan Jesscoolers lagi di situasi kayak gini.