Mungkin lo nggak khawatir meski berhari-hari bahkan seminggu nggak buang air besar. Padahal, ada berbagai bahaya BAB nggak lancar yang perlu diwaspadai. Entah karena gangguan pencernaan atau memang terbiasa menahan BAB, sebaiknya jangan dibiasakan. 

Soalnya, buang air besar merupakan aktivitas yang dilakukan setiap manusia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Hal ini terjadi karena nggak semua makanan yang dikonsumsi bisa diserap sama tubuh dan darah. 

Salah satu gangguan pencernaan, seperti sembelit atau nggak lancar BAB, bisa terjadi akibat panas dalam karena kurangnya asupan serat pada tubuh.

Baca juga: Ragam Manfaat Extract Thyme Bagi Kesehatan

Bahaya BAB Nggak Lancar

Buang air besar merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran dan juga racun dari dalam tubuh. Selain itu, bahaya BAB nggak lancar juga menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan tubuh kita dalam keadaan nggak sehat. Masalah ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama jika dibiarkan saja. 

Untuk membahas lebih dalam mengenai bahaya sulit BAB, berikut ini Jesscool telah merangkum dari berbagai sumber. Mari kita simak!

Perut Jadi Kembung

Bahaya BAB nggak lancar yang paling terasa adalah perut jadi kembung. Hal ini tentu membuat aktivitas terganggu sebab perut terasa banget nggak nyamannya. Selain itu, badan juga akan terasa semakin berat karena kotoran dari sisa makanan yang seharusnya dikeluarkan justru menumpuk di usus dan perut.

Menumpuknya Racun di Usus

Bahaya BAB nggak lancar selanjutnya juga bisa mengakibatkan menumpuknya racun di perut. Hal ini karena setiap harinya, tubuh mendaur ulang. Lalu, proses pembuangan diperlukan agar mengeluarkan racun-racun dari hasil proses daur ulang tersebut. Apabila BAB nggak lancar dalam waktu seminggu atau lebih, maka bisa menyebabkan racun yang menumpuk pada tubuh. 

Risiko Mengidap Gagal Ginjal

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa jika BAB nggak lancar dalam waktu yang lama, maka hal tersebut akan berisiko terserang penyakit gagal ginjal. Dilansir dari livescience.com, penelitian ini melibatkan 3,5 juta veteran AS dengan melihat tingkat kelancaran buang air besar.

Csaba Pal Kovesdy yang menulis hasil penelitian ini mengungkapkan, bahwa semakin lama sembelit maka akan terjadi perubahan kondisi bakteri di dalam usus. Sehingga makanan nggak bisa masuk ke dalam ginjal untuk diproses. Nah, dalam jangka waktu yang singkat juga bisa menyebabkan peradangan kronis dan efeknya bisa menjalar ke ginjal. Hiii, serem juga yaaa!

Radang Usus

Bahaya BAB nggak lancar juga bisa bikin radang usus! Karena apabila sudah menumpuk dalam jumlah besar, maka kotoran yang terlalu lama mengendap di usus akan menyebabkan radang. Penyakit ini menyebabkan bagian usus besar mengalami pembengkakan. Saat kondisi radang usus sudah parah dan banyak terkena racun-racun makanan, bisa memicu timbulnya tumor bahkan timbul risiko kanker usus. Aduuuh, tambah ngeriiii deh. 

Ternyata bahaya BAB nggak lancar banyak banget ya. Pastinya lo nggak mau kan  konstipasi atau sembelit menyerang tubuh. Supaya BAB lancar, jangan lupa selalu minum Jesscool!

Kenapa harus minum Jesscool? Karena di dalam Jesscool terdapat 3 kandungan utama bahan alami yaitu, Extract Tyhme yang mampu membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. 

Kemudian Chicory Root dengan kandungan serat inulin yang mampu menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan BAB, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh; dan Bitter Orange Peel yang mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti nyeri lambung maupun muntah.

Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis tanpa perlu diaduk dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan menyegarkan!