Di tengah masa pandemi covid-19 yang masih menghantui, mungkin banyak dari kita atau masyarakat lainnya yang merasa was-was saat mengalami sakit tenggorokan. Karena, diketahui, bahwa sakit tenggorokan merupakan salah satu tanda atau gejala seseorang terinfeksi atau positif virus covid-19.

Namun, sebenarnya belum tentu, lho. Bisa saja lo sakit tenggorokan karena panas dalam. 

Oleh karena itu, sebaiknya lo jangan merasa panik atau parno yang berlebihan, Jesscoolers. Sakit tenggorokan karena panas dalam berbeda dengan sakit tenggorokan akibat virus covid-19. 

Lalu, apa saja sih perbedaan sakit tenggorokan karena panas dalam dan karena virus covid-19? Mari kita simak penjelasannya bareng-bareng yuk, Jesscoolers! 

Baca juga: Tips Bebas Dari Panas Dalam di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Perbedaan Sakit Tenggorokan Karena Panas Dalam dan Covid-19

Ketika tanda-tanda seperti sakit tenggorokan, demam, atau sakit kepala muncul, mungkin lo akan segera mencurigai bahwa hal tersebut merupakan gejala covid-19. Kemudian lo pasti juga akan segera mengambil smartphone buat mencari informasi, apakah benar sakit tenggorokan yang lo alami adalah gejala dari covid-19. 

Covid-19 bukanlah satu-satunya penyebab iritasi atau sakit tenggorokan. Karena, baik sakit tenggorokan maupun covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Tetapi, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda juga.

Sakit Tenggorokan Karena Panas Dalam

Secara umum, sakit tenggorokan ditandai dengan beberapa hal, di antaranya:

  • Nyeri atau perasaan kering, gatal, atau serak di tenggorokan.
  • Kesulitan berbicara dan menelan.
  • Kelenjar sakit dan bengkak di leher.
  • Kemerahan atau ada bercak nanah di tenggorokan dan amandel.

Sakit tenggorokan biasanya disebut juga dengan radang tenggorokan. Kondisi ini pada umumnya disebabkan akibat infeksi virus atau bakteri dari naiknya asam lambung, stres berat, alergi, maupun karena panas dalam. Sakit tenggorokan sendiri terjadi karena peradangan yang menyebabkan kerusakan pada bagian lapisan tenggorokan. 

Sakit tenggorokan karena panas dalam bisa juga terjadi akibat tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama pada sistem pencernaan. Hal ini bisa disebabkan karena nggak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin. Misalnya, makanan yang bersifat “panas”, kaya gorengan, daging, atau makanan pedas. Sedangkan sayur dan buah bersifat “dingin”.

Sakit Tenggorokan Karena Coronavirus 

Sementara itu, covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus yang menginfeksi saluran pernapasan. Ketika seseorang menderita penyakit ini, maka ia akan mengalami penumpukan lendir pada tenggorokan dan bagian belakang hidung.

Nah, hal inilah yang bisa mengiritasi tenggorokan sehingga memicu terjadinya peradangan. 

Selain itu, penderita covid-19 umumnya juga mengalami gejala lainnya, seperti demam tinggi, batuk kering, badan terasa sakit, meriang, nggak nafsu makan, sampai indera penciuman nggak peka sama bau. Bahkan, penderita juga mengalami sesak napas, batuk yang parah, dan mengarah kepada penyakit pneumonia.

Berbeda banget kan gejalanya dari sakit tenggorokan akibat panas dalam. Seperti yang diketahui juga, bahwa beberapa penderita Covid-19 mengalami gejala neurologis, seperti lemah otot, tidak peka pada bau dan rasa, mati rasa, kesemutan, kejang, dan pusing.

Buat mastiin apakah lo terkena covid-19 atau nggak, cara terbaiknya adalah dengan melakukan pemeriksaan tes swab. Nah, kalo lo sakit tenggorokan tetapi nggak disertai sama gejala yang mirip infeksi covid-19, jangan terlalu panik dan khawatir.

Karena bisa saja itu sakit tenggorokan karena panas dalam. Lakukanlah upaya untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh, agar sakit tenggorokan bisa segera sembuh. 

Pada dasarnya, sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya. Selama fase penyembuhan, penderita sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Jika sakit tenggorokan disebabkan karena imun melemah dan stres, maka penderita disarankan untuk memperbanyak istirahat.

Selain itu, lo juga bisa minum Jesscool! Karena Jesscool adalah minuman penyegar yang terbuat dari bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan.

Selain itu, kandungan akar chicory dengan serat inulinnya, mampu membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea! Nah, pas banget kan, Jesscoolers, Jesscool bisa bikin hari-hari lo tetap cool!