Hobi nonton film secara maraton? Hati-hati bisa kena dampak negatif “binge watching”, salah satunya kena panas dalam!

Jesscoolers, apakah lo termasuk orang yang suka nonton serial televisi, seperti Money Heist, Game of Thrones, Stranger Things, The Walking Dead, Dark, atau semacamnya? Atau lebih memilih sederet drama Korea, seperti Hotel Del Luna, Search, WWW, Love Alarm, Welcome 2 Life, dan sejenisnya juga? Lalu, berapa lama waktu yang biasa lo habiskan buat menonton itu semua? Nah, sebelum lebih jauh, mari kita simak sedikit, sebenarnya apa sih binge watching itu, sampai-sampai bisa bikin kita kena panas dalam? 

Binge watching sendiri merupakan istilah yang belakangan ini populer dan merujuk pada praktik menonton sejumlah serial televisi atau beberapa film secara berturut-turut, terutama dari media DVD maupun streaming. Binge Watching biasa dilakukan bagi mereka yang merasa bosan, ingin bersantai menghabiskan waktu berjam-jam secara terus menerus di depan layar, entah itu televisi maupun gadget, atau sekadar ingin berlari dari padatnya rutinitas sehari-hari. Kadang ada pula yang begadang hingga menjelang pagi demi menuntaskan rasa penasaran akan kelanjutan serialnya.

Kalau sudah terus-terusan sampai begadang gitu, pastinya bisa berisiko! Selain badan akan terasa capek, bikin daya tahan tubuh lo menurun, juga bisa mengancam kesehatan lo nih! Ada juga beberapa akibat dari maraton film ini, yaitu:

  • Kelelahan pada mata.
  • Mengurangi kualitas tidur.
  • Mengurangi kewaspadaan akan sekitar.
  • Bikin kecanduan dan jadi anti sosial.

Selain itu, akibat terhadap kesehatan yang paling dekat adalah gampangnya badan lo kena panas dalam, seperti sariawan dan sakit tenggorokan. Kalau sudah kena panas dalam gini, kan mau ngapa-ngapain jadi serba nggak enak. Kebiasaan ini harus benar-benar lo kurangi atau hilangkan, Jesscoolers! Daripada kena panas dalam, yang ada nanti badan lo jadi nggak enak kayak habis diajak maraton keliling Indonesia.

Nah, biar maraton nonton film tetap cool dan nggak bikin lo gampang kena panas dalam, kita punya rahasianya nih! Mau tau? Ini dia! 

Tips Biar Nggak Kena Panas Dalam Ketika Maraton Film

Film memang fungsinya sebagai hiburan saja sih. Makanya jangan sampai hiburan ini malah bikin lo lupa ngapa-ngapain. Dengan kata lain, keinginan binge watching ini bisa membuat lo semakin enggan melakukan aktivitas yang sehat, sehingga gampang kena panas dalam. Tapi, untungnya lo nggak harus seketika menghentikan hobi ini. Ada beberapa hal yang bisa lo lakukan untuk menghalau efek negatif yang muncul.

1. Atur Jadwal Nonton

Nonton film terus-terusan memang seru banget, sampai-sampai bisa bikin ketagihan dan lupa waktu. Apalagi kalau filmnya menyajikan formula plot episode cerita yang unik, bikin lo penasaran kan, Jesscoolers? Kalau sudah begitu, bisa begadang sampai pagi. Nah, kebiasaan kayak gini bisa bikin daya tahan tubuh menurun dan gampang banget tubuh kena panas dalam.

Untuk itu, ada baiknya atur jadwal nonton lo ya. Supaya nggak gampang kena panas dalam karena daya tahan tubuh menurun. Buat jadwal harian berapa lama waktu yang dihabiskan buat nonton serial televisi atau drama korea kesayangan. Jadi, lo tetap juga bisa melakukan aktivitas dan istirahat dengan baik. 

2. Jangan Sampai Telat Makan

Pasti lo sering lupa atau telat makan gara-gara keasyikan nonton kan, Jesscoolers? Jangan sering-sering kayak gini lho, soalnya ini bukan kebiasaan baik! Salah satu akibat yang bisa timbul adalah terganggunya metabolisme tubuh karena kurangnya asupan gizi yang masuk. Selain itu juga memicu naiknya asam lambung. Nah, lagi-lagi yang kena metabolisme tubuh kan? Kalau udah gini, tubuh bisa jadi nggak fit dan gampang kena panas dalam. Penting banget kan jadinya menjaga makan tetap teratur di tengah godaan episode-episode yang susah buat ditinggalin.

3. Jangan Malas Gerakkan Badan

Menghabiskan banyak waktu buat menyelesaikan episode demi episode tentu bikin badan jadi lebih banyak nggak gerak. Demi menjaga badan biar tetap fit, jangan malas buat gerakkan badan lo,  Jesscoolers! Karena olahraga diketahui dapat merangsang produksi hormon untuk meningkatkan kekebalan tubuh lo dari penyakit, salah satunya biar nggak kena panas dalam. Coba mulai sekarang rutin olahraga yang ringan-ringan saja, seperti bersepeda, jogging, yoga, atau jalan santai yang bisa jadi pilihan tepat buat jaga badan tetap sehat dan nggak kena panas dalam. 

4. Istirahat Yang Cukup

Ini dia salah satu hal penting yang perlu diperhatikan supaya nggak kena panas dalam buat lo yang hobi binge watching! Kebiasaan begadang hingga larut malam atau bahkan sampai nggak terasa pagi bisa mengacaukan sistem metabolisme tubuh yang berjalan di malam hari. Misalnya dengan proses penggantian sel tubuh yang rusak dengan yang baru. Regenerasi ini bisa berjalan dengan optimal saat lo mendapat waktu tidur yang cukup di malam hari!

Memperhatikan gaya hidup yang benar merupakan kunci dasar yang wajib banget dilakukan jika ingin badan lo tetap fit saat maraton serial televisi atau drama korea. Tapi, kalau gejala panas dalam sudah mengganggu kesehatan, itu waktunya mengonsumsi  penyegar panas dalam yang berkhasiat, alami, enak dan berserat, apa lagi kalau bukan Jesscool yang beneran bikin cool! Terbuat dari bahan alami extract thyme untuk membantu lo yang kena panas dalam seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan, serta akar chicory dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan buang air besar. Jesscool hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan menyegarkan. Jadi lo nggak perlu aduk lagi, tinggal cemplungin aja! 

Boleh maraton asal tetap perhatikan badan lo ya, Jesscoolers! Yuk, lanjut nonton lagi!