Tanpa kita sadari, kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan seperti BAB yang nggak lancar atau sembelit. Kebayang kan kalau perut sudah sembelit? Tentu bisa bikin kita merasa jengkel dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. 

Untuk cegah sembelit sebenarnya nggak susah kok, kuncinya adalah kita harus menerapkan gaya hidup sehat supaya daya tahan tubuh semakin kuat. Eits, tapi nanti dulu. Ngomongin soal sembelit, gangguan ini sebenarnya bisa jadi akibat gejala panas dalam, lho!

Hal itu disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran ke tubuh. Sehingga tubuh terasa panas dan sistem pencernaan pun jadi nggak lancar, makanya metabolisme tubuh jadi terganggu. Oleh karena itu, nerapin gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari menjadi sangat penting dilakukan agar kita nggak diserang sama panas dalam yang akhirnya menyebabkan sembelit.

Melakukan gaya hidup sehat bisa kita mulai dengan berolahraga. Nggak perlu dijelaskan lebih detail lagi kali ya, karena kegiatan yang satu ini memang mempunyai segudang manfaat, mulai dari melatih fisik, menjaga kesehatan jantung, sampai meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh. Banyak banget lah pokoknya! Ketika sedang panas dalam dan sembelit, nggak ada salahnya kalau kita tetap melakukan aktivitas fisik demi mempercepat proses penyembuhan. Tapi, jangan memaksakan diri ya jika memang fisik lo benar-benar nggak kuat. 

Jenis Olahraga Kekinian Untuk Cegah Panas Dalam dan Sembelit

Seiring berkembangnya zaman, kegiatan olahraga pun semakin berkembang dan juga menjadi kegiatan yang asyik maupun menyenangkan buat dilakukan. Bahkan beberapa olahraga menjadi tren dan populer di media sosial. Sebagian orang memilih untuk melakukan olahraga tersebut karena memang sedang hits atau viral di media sosial, atau anak zaman sekarang bilang “sangat Instagramable”. Tapi, tenang saja, nggak ada yang salah kok, karena semua bakal balik lagi ke tujuan awal dari olahraga yaitu menyehatkan badan, terutama sama apa yang kita bahas ya, buat cegah panas dalam dan sembelit. 

Nah, kayanya lo juga harus coba beberapa tren olahraga kekinian berikut ini deh. Nggak hanya sehat saja, tapi bisa bantu cegah panas dalam dan sembelit karena bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Eh, sekaligus bisa jadi konten untuk Instagram lo juga!

1. Lari

Beberapa waktu belakangan ini, lari menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati. Kini lari nggak lagi menjadi kegiatan yang membosankan seperti dulu, karena banyak bermunculan festival atau running event kekinian di beberapa kota besar, seperti fun run, color run, hingga obstacle run, yang bikin aktivitas ini menjadi lebih asyik. 

Kalau dulu tujuan dan motivasi lari hanya membuat badan sehat, sekarang bisa juga untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Dengan begitu, banyak orang menjadi suka lari. Jika lari ini dilakukan secara rutin, maka kekebalan tubuh bisa meningkat sehingga mengurangi risiko gangguan kesehatan, termasuk panas dalam dan sembelit. 

2. Bersepeda

Kalau yang satu ini sih nggak perlu panjang lebar dijelasin. Semenjak pandemi, bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati oleh sebagian besar orang. Bersepeda juga mulai menjadi populer di kalangan milleneals karena banyak kampanye yang menyuarakannya, seperti muncul kampanye Bike To Work, Bike To School, hingga Bike To Life. Nah, jadi jangan heran kalau olahraga mengayun pedal ini selalu banyak digemari sampai sekarang. 

Bersepeda memang paling asyik, lo bisa menyehatkan tubuh, mencegah dari terserangnya panas dalam dan sembelit sambil jalan-jalan santai berkeliling sekitar komplek, taman kota, atau kampung-kampung yang rindang. Jadi, gimana, besok sudah bisa mulai sepedaan kan, buat cegah panas dalam dan sembelit? 

3. Power Swing

Jangan salah sangka, ini bukan sekedar berayun kaya main ayunan lho. Power Swing merupakan olahraga yang memanfaatkan ayunan dari kain khusus dan dua tali untuk berpegangan. Di sini, gerakan yoga, pilates, kardio digabung menjadi satu. 

Dengan rutin melakukan olahraga kekinian ini, tubuh lo bisa kencang dan bugar. Selain itu, olahraga ini juga dapat melancarkan aliran darah sehingga membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, terutama dari gangguan panas dalam dan sembelit. 

4. Zumba Toning

Kalau lo pernah ikutan senam poco-poco, maka nggak bakal sulit buat lo ikut bergerak menikmati musik untuk melakukan olahraga ini. Zumba Toning merupakan senam yang memanfaatkan sepasang stik seberat 0.5 kg yang juga berfungsi sebagai dumbbell. 

Olahraga yang diiringi musik ini bermanfaat untuk pembentukan otot pundak, pinggul, dan perut. Senam Zumba Toning juga memicu perasaan rileks, sehingga tubuh pun lebih kuat menghadapi ancaman kesehatan seperti flu, cegah panas dalam dan sembelit. 

5. Yoga

Akhir-akhir ini di media sosial sebagian besar orang bahkan selebritis, youtuber, atau selebgram sering “memamerkan” kelenturan tubuhnya lewat olahraga ini. Metode senam Yoga ini berfokus pada ketenangan pikiran, kelenturan, kesabaran, dan keseimbangan yang dinilai ampuh untuk mengusir gejala penyakit dan racun-racun dalam tubuh, termasuk gejala panas dalam dan sembelit. 

Yoga bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Apalagi di masa seperti ini mereka lebih memilih olahraga ini di rumah untuk menghindari olahraga di luar rumah yang sangat ramai. 

Jadi, mana pilihan olahraga kekinian yang ingin lo lakukan secara rutin nih? Dengan olahraga secara teratur, lo bisa meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh, termasuk mencegah dari datangnya sembelit akibat panas dalam yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Nah, kalau sembelit akibat panas dalam sudah terlanjur datang, jangan khawatir! Redakan dengan minuman penyegar panas dalam Jesscool yang mengandung bahan alami akar chicory dan extract thyme, yang aman untuk menghilangkan sembelit akibat panas dalam. Siap bebaskan diri dari sembelit akibat panas dalam bareng Jesscool yang beneran bikin cool kan?