Susah BAB atau buang air besar cuma bikin perut terasa mulas dan nggak nyaman. Akibatnya, aktivitas seharian juga bisa terganggu. Huh! Jadi harus gimana dong biar BAB lancar perut terasa longgar?

Baca juga: Lo Wajib Tahu, Inilah 5 Bahaya BAB Nggak Lancar

Yang pasti, obat pencahar bukan solusi yang disarankan. Yuk, simak beberapa tips sederhana yang bisa bikin BAB lancar perut terasa longgar berikut ini!

  1. Cukupi Kebutuhan Air dan Serat

Menurut riset dari The Institute of Medicine, pria membutuhkan asupan serat sebanyak 38 gram setiap harinya, sedangkan wanita cukup 25 gram saja. Namun, kebutuhan akan serat ini seringkali nggak terpenuhi dan malah cenderung diabaikan.

Konsumsi serat dan air adalah resep utama biar BAB lancar perut terasa longgar. Jadi, Pastikan tubuh lo nggak kekurangan keduanya, ya! 

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu jenis buah yang ampuh untuk melancarkan pencernaan adalah jeruk. Disarankan untuk menikmati buah jeruk secara langsung daripada membuatnya jadi minuman jus. Pasalnya, buah jeruk asli punya kandungan serat 2 gram lebih banyak daripada jus jeruk.

Sedangkan untuk sayur, lo bisa memperbanyak konsumsi bayam. Dalam semangkuk bayam rebus, terdapat kandungan serat sebanyak 4 gram. Selain itu, terkandung pula kurang lebih dari 150 gram magnesium yang juga dibutuhkan tubuh. 

  1. Doyan Minum Susu? Boleh Saja Sih, Asalkan …

Rutin minum susu memang baik bagi tubuh, tapi sebaiknya pilih produk susu yang “ramah” dengan perut lo ya, Jesscoolers! Beberapa produk susu ternyata bisa membuat lo mengalami konstipasi atau BAB tidak lancar. Pasalnya, susu yang memang tinggi kalsium akan memberatkan kerja pencernaan di area ginjal. 

Jika lo hobi minum susu, cobalah untuk sesekali menggantinya dengan susu kedelai yang kandungan kalsiumnya tidak terlalu tinggi. Atau lo bisa mengganti hobi minum susu dengan minuman lain yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang mampu menjaga keseimbangan pencernaan dalam tubuh sehingga dapat membantu agar BAB lancar perut terasa longgar.

  1. Hindari Diet Berlebihan

Diet memang baik untuk kesehatan. Tapi, ingat ya, semua yang berlebihan itu nggak baik, lho. Diet ternyata juga bisa jadi penyebab sembelit, khususnya ketika lo menjalani diet karbohidrat. 

Banyak mengonsumsi serat dan protein memang baik, tapi mengabaikan asupan karbohidrat justru akan berbahaya bagi pencernaan. Bagaimana pun, tubuh membutuhkan semua jenis nutrisi secara seimbang.

  1. BAB Lancar Perut Terasa Longgar dengan Chicory Root

Ada yang tahu Chicory Root nggak? Kalau belum tau, ada baiknya lo ‘kenalan’ dulu nih sama tanaman ini. Soalnya, tanaman yang satu ini punya banyak banget manfaat buat kesehatan. 

Chicory Root punya sejarah yang panjang sebagai salah satu tanaman dengan banyak khasiat buat kesehatan. Chicory Root yang kaya dengan sumber zat Inulin ini bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan bikin BAB lancar perut terasa longgar. Belum lagi nih, Senyawa Fenolat yang ada didalamnya juga bisa sebagai antioksidan untuk tubuh. Keren kan, Jesscoolers?

Nah, buat lo yang mau merasakan manfaatnya, lo nggak perlu repot buat nyari chicory Root ke sana ke mari. Karena Jesscool terbuat dari chicory root dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, ada juga bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam lainnya, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan,.

Jesscool juga hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan juga menyegarkan!