Ketika perayaan Iduladha tiba, tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan hidangan atau bahkan olahan dari daging kambing atau sapi, mulai dari yang berkuah kental, pedas, berlemak, bersantan, hingga bakar-bakaran. Kelezatan olahan daging kambing maupun sapi memang sulit untuk ditolak. Banyak orang yang akhirnya kalap, dan nggak bisa mengontrol diri, kemudian terserang panas dalam. Tapi tenang saja, Jesscoolers, ada kok cara alami obati panas dalam akibat terlalu banyak menyantap hidangan Iduladha.

Baca juga:

Sebelum kita membahas cara alami obati panas dalam, coba kita kenali dulu seberapa bahayanya sih daging kambing atau sapi buat tubuh kita? Menurut sebuah penelitian, ternyata daging nggak seberbahaya sebagaimana dipercaya oleh orang-orang selama ini. Karena sebagian orang-orang menganggap bahwa daging merupakan sumber lemak dan kolesterol yang memicu naiknya tekanan darah, sehingga dihindari oleh mereka yang memiliki riwayat hipertensi. 

Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa, daging kambing dan sapi merupakan daging yang paling sehat di antara daging merah lainnya. Per 100 gram kedua daging tersebut menghasilkan kalori yang paling sedikit dibandingkan dengan daging ayam, babi, dan domba. 

Namun, jangan sampai berlebihan juga ya dalam menyantapnya, apalagi jika daging ini diolah menjadi menu pedas, berkuah kental, berlemak, dan bakar-bakaran, bisa jadi panas dalam segera menyerang. Karena salah satu penyebab panas dalam adalah makanan berminyak atau berlemak yang kurang akan kandungan serat. Makanan pedas dan berminyak juga diduga dapat memperparah gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan. 

Sifat Daging Kambing Bisa Menimbulkan Panas Dalam

Meskipun menurut penelitian daging kambing atau sapi ternyata lebih ramah dibandingkan dengan daging lainnya, namun kedua daging ini bersifat termogenik. Sifat termogenik pada daging kambing ini menimbulkan efek panas yang dihasilkan dari metabolisme suatu bahan makanan di dalam tubuh. Maka dari itu, nggak heran kalau kita merasakan gejala panas dalam setelah menyantap daging kambing ini. Tapi, jangan khawatir, karena ada cara alami yang ampuh untuk mengatasi efek panas dari daging tersebut agar kita nggak terserang panas dalam. Ingin tahu cara alami obati panas dalam? Simak baik-baik penjelasan berikut ini!

Konsumsi Jus Timun Untuk Redakan Panas Dalam

Setelah menyantap nikmatnya olahan daging kambing maupun sapi ketika perayaan Iduladha, untuk meredakan atau mencegah panas dalam, kita disarankan untuk mengonsumsi timun. Karena sebagaimana kita ketahui, timun bersifat dingin dan kaya akan kandungan airnya. 

Satu buah timun ternyata mengandung 194 gram air. Selain itu, timun juga kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, khususnya untuk mengatasi gangguan atau gejala panas dalam, seperti vitamin C dan B, serta mengandung gula dan elektrolit alami. 

Kandungan serat di dalam timun juga mampu mengusir racun dari sistem pencernaan serta ampuh sebagai obat sembelit. Sembelit sendiri bisa jadi akibat dari gejala panas dalam juga, lho! Untuk mengatasi panas dalam setelah mengonsumsi daging kambing, ada baiknya timun diolah menjadi jus yang dicampur dengan air dingin agar manfaatnya lebih terasa. 

Cegah Panas Dalam Dengan Konsumsi Jeruk dan Pisang

Buah pisang dan jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien yang dapat mencegah dan meredakan panas dalam. Selain itu, jeruk juga menjadi solusi sariawan akibat panas dalam hingga membantu tubuh kita menetralkan asam lambung. Agar khasiat dalam buah ini bekerja ekstra, lo bisa menambahkan madu sebagai campuran.

Jangan Lupakan Lalapan Untuk Mentralkan Panas Dalam

Menurut pakar kuliner Arie Parikesit, mengonsumsi lalapan seperti tomat, selada, maupun kol bisa juga menjadi cara alami obati panas dalam usai kita menyantap olahan nikmat daging kambing ataupun sapi. Sayura-sayuran yang dijadikan lalapan ini diyakini mampu menetralkan panas dalam tubuh akibat mengonsumsi daging tersebut. Karena sayuran atau lalapan yang masih segar memberi segudang manfaat untuk tubuh kita.

Jadikan Tumbuhan Herbal Sebagai Cara Alami Obati Panas Dalam

Akar Chicory dan Thymus Vulgaris merupakan tumbuhan herbal yang dipercaya bisa menjadi cara alami obati panas dalam seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan sembelit. Nggak perlu bingung di mana cari bahan alami ini. Lo bisa temukan semua ini di Jesscool! Karena Jesscool penyegar panas dalam yang membantu mencegah dan mengatasi gejala-gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan susah buang air besar, dengan kandungan bahan alami formula Extract Thyme dan Chicory root yang efektif meredakan panas dalam.

Sekarang lo udah tahu gimana cara alami obati panas dalam tubuh setelah mengonsumsi daging usai Iduladha kan? Jadi, jangan ragu lagi untuk menyantapnya ya! Eits, tapi jangan berlebihan juga ya, Jesscoolers!