Meski namanya kurang populer, akar chicory ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi stres, mengatasi sembelit, kembung, mengobati panas dalam, hingga diabetes. Namun, sebelum membahas lebih jauh soal manfaatnya, supaya lebih akrab dengan akar chicory, kita simak dulu asal-usulnya! 

Akar chicory berasal dari keluarga tanaman dandelion yang memiliki bunga berwarna biru cerah. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah barat laut Eropa. Mahkota bunganya yang berbentuk memanjang, membuat  tanaman ini nampak seperti kayu dan berserat. 

Menyinggung soal serat, akar chicory memang kaya akan serat atau disebut inulin. Nggak heran kalau tanaman ini ternyata bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan memiliki efek pencahar alami untuk tubuh. 

Nggak cuma itu, manfaat akar chicory ternyata masih sangat beragam, lho. Untuk mengetahuinya, ayo kita simak satu-satu berikut ini!

Akar Chicory Dapat Mengurangi Stres

Akar chicory memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan, menenangkan pikiran, dan mengurangi stress. Ini cocok banget buat lo yang suka minum kopi atau mengonsumsi kafein lainnya, karena mengonsumsi kafein secara berlebih terbukti bisa memperberat rasa stres dan meningkatkan kadar kortisol. 

Faktor emosional seperti stres ini juga bisa menyebabkan munculnya panas dalam. Stres bisa membuat jam makan jadi kacau, hormon nggak stabil, dan daya tahan tubuh menurun. Selain itu, akar chicory juga membantu orang yang sulit tidur atau insomnia, karena efeknya yang menenangkan.

Mengandung Antioksidan

Selain serat, vitamin, dan mineral, akar chicory juga mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti antioksidan yang bisa membantu mengurangi inflamasi dan melindungi fungsi arteri. Di Indonesia, akar chicory yang masih segar memang cukup sulit ditemui. Karena di pasar, pada umumnya, akar chicory dijual dalam bentuk bubuk sebagai tambahan untuk kopi atau pengganti kopi itu sendiri.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Menurut penelitian, ekstrak akar chicory memiliki kemampuan untuk melindungi hati dari radikal bebas. Dengan adanya perlindungan ini, tubuh kita bisa mengurangi risiko terjadinya keracunan pada hati. Selain itu, ketika akar chicory diminum bersama daun seledri, maka campuran tersebut bisa mengurangi gejala penyakit hati. Akar chicory juga bisa mengurangi risiko cedera hati yang mungkin terjadi dalam keadaan tertentu.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan inulin dan oligofruktosa pada akar chicory ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan, terutama pada pasien dengan prediabetes. Inulin akan memberi perasaan kenyang, tanpa meningkatkan kadar gula darah atau kalori. Selain itu, efek prebiotik dari inulin juga bisa mencegah sembelit akibat panas dalam dan mendorong ekskresi yang efektif sehingga kita bisa mempertahankan berat badan dengan cara yang sehat.

Membantu Pengobatan Diabetes

Ada sebuah studi yang menjelaskan kalau ekstrak akar chicory bisa meningkatkan kadar adiponektin, yaitu protein yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah. Oleh karena itu, konsumsi akar chicory yang tepat bisa menunda atau bahkan mencegah terjadinya diabetes. Selain itu, ekstrak akar chicory juga bisa digunakan sebagai suplemen diet alami untuk memperlambat perkembangan diabetes.

Akar Chicory Bisa Obati Panas Dalam

Sekali lagi, hal ini berkaitan dengan zat inulin yang terkandung pada akar chicory. Ketika membahas tentang panas dalam, ada banyak sekali gejala yang muncul, selain gangguan pada mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut, maupun sakit tenggorokan, sembelit atau susah BAB pun bisa jadi merupakan gejala panas dalam. Hal ini disebabkan karena kurangnya makanan berserat yang menyebabkan panas dalam. Padahal, makanan berserat penting untuk metabolisme tubuh, terutama untuk melancarkan BAB.  

Zat inulin inilah yang memiliki peran sebagai prebiotik kuat yang juga berfungsi sebagai serat alami untuk menangani sejumlah kondisi usus atau pencernaan seperti sembelit akibat panas dalam. Hal ini membuat proses pencernaan menjadi lancar dan teratur. Khasiat dari akar chicory juga sudah terbukti untuk meredakan dan mengobati gejala panas dalam. 

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat akar chicory yang salah satunya dapat mengobati gejala panas dalam. Nah, kalo lo lagi panas dalam terus bingung di mana bisa nemuin akar chicory dan ribet meraciknya menjadi minuman, mending minum Jesscool aja! Karena Jesscool penyegar panas dalam yang dapat mencegah dan mengatasi gejala-gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan susah BAB dengan kandungan formula extract thyme dan akar chicory!