Tubuh lo mulai terasa kurang fit yang ditandai dengan sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan atau sakit saat menelan? Bisa jadi itu gejala panas dalam menyerang, Jesscoolers! Penyebabnya, bisa terjadi akibat pola makan, kebiasaan buruk, ataupun pengaruh cuaca sehingga daya tahan tubuh atau imunitas menurun. 

Imunitas atau kekebalan tubuh ini sendiri merupakan tameng yang berfungsi memberikan perlindungan kepada diri dari serangan partikel-partikel radikal bebas dan patogen yang masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, ketika imun atau daya tahan tubuh kita menurun maka perlindungan terhadap tubuh jadi berkurang, sehingga muncul berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh, termasuk gejala panas dalam menyerang.

Baca juga: Stress Bisa Menyebabkan Panas Dalam, Kenapa Begitu?

Gejala Panas Dalam Menyerang Akibat Imun Lemah

Di tengah situasi cuaca yang nggak menentu dan pandemi yang juga belum berakhir, jangan sampai kita menyepelekan sistem kekebalan tubuh. Gejala panas dalam menyerang adalah salah satu contoh gangguan tubuh yang datang ketika imunitas sedang menurun. Adapun berikut gejalanya, seperti:

  • Sakit tenggorokan
  • Sariawan
  • Bibir pecah-pecah
  • Badan sering terasa lelah atau kurang fit
  • Hidung tersumbat
  • Sembelit

Beberapa gejala di atas jika kita perhatikan, sekilas memang mirip dengan gejala Covid-19. Namun, pada kasus panas dalam, gejala yang dirasakan cenderung lebih ringan.

Cara Asyik Tingkatkan Imun Agar Bebas Dari Panas Dalam

Ketika daya tahan tubuh lemah, maka akan terjadi beberapa gangguan atau masalah kesehatan pada tubuh, salah satunya seperti panas dalam menyerang. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Jauh-Jauh Dari Stres

Stres bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, bahkan hal sederhana ketika kita hendak pergi ke sekolah, kampus, atau kantor, di mana terjebak di jalanan yang padat dan macet. Stres itu sendiri memicu hormon kortisol dan menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat gejala panas dalam menyerang. 

Untuk menghindari stres yang berkepanjangan, lo bisa lakukan hal yang menyenangkan untuk menghibur atau mengembalikan mood kembali, caranya bisa seperti mendengarkan musik, berkomunikasi dengan teman dekat, meditasi, hingga bermain bersama hewan peliharaan. Meski lo sedang sibuk dan padat dengan aktivitas sehari-hari, pastikan lo mempunyai “me time” untuk menghilangkan jenuh maupun penat.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging, dan asupan vitamin serta gizi lainnya sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik, khususnya dari panas dalam menyerang.

Selain itu, jangan lupa juga untuk jaga pola makan. Kalo lo bosan dengan cita rasa makanan yang itu-itu saja, lo bisa gunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasanya, namun dengan takaran yang tidak berlebihan juga. Lo bisa juga melakukan metode variasi memasak yang sehat, misalnya seperti mengukus, merebus, atau memanggang.

Ikut Komunitas Atau Klub Olahraga

Nggak usah diragukan lagi sih, karena manfaat olahraga diketahui sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika imunitas kuat, dalam perubahan cuaca sekalipun kita dapat menghadapinya tanpa khawatir ancaman panas dalam menyerang. 

Biar nggak mager olahraga sendirian, lo bisa mengikuti komunitas atau klub olahraga yang sedang tren, seperti komunitas lari, sepeda, zumba, yoga, hingga freeletics bareng teman-teman. 

Istirahat yang Cukup dan Minum Jesscool

Nah, mulai sekarang kurang-kurangin deh yang namanya begadang. Karena, hal itu menjadi salah satu penyebab imunitas tubuh menurun dan gampang banget berakibat ke panas dalam yang menyerang. Maka dari itu, biasakan untuk istirahat secukupnya agar daya tahan tubuh lo tidak menurun sehingga tubuh lo tidak mudah ngedrop.

Selain itu, lo bisa juga minum Jesscool! Karena Jesscool minuman penyegar yang terbuat dari bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam menyerang, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. 

Kandungan bahan alami lainnya, seperti chicory root dengan serat inulinnya, mampu membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar akibat panas dalam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jesscool hadir dalam bentuk tablet effervescent yang praktis, dengan pilihan rasa jeruk nipis dan lemon tea yang enak dan juga menyegarkan!