Masyarakat Indonesia sepertinya memang sulit dipisahkan dari cabai atau makanan pedas. Tanpa rasa pedas, makan apapun rasanya kurang lengkap. Buktinya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan pedas yang khas dengan kearifan lokal tersendiri bahkan dikenal di dalam maupun luar negeri, salah satunya adalah makanan pedas khas Jawa Barat. 

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keragaman sensasi cita rasa kuliner makanan pedas dan asin yang pastinya memanjakan lidah para pecinta makanan pedas. Di daerah ini, lo bisa menemukan makanan pedas hampir di setiap sudut kota. Nggak cuma rasanya yang nikmat, jenis makanan pedas khas Jawa Barat juga memiliki nama-nama yang unik dan lucu. Nah, penasaran kan lo seperti apa jenis makanan pedas khas Jawa Barat? Ini dia rekomendasinya! Cek ya, ada makanan favorit lo juga nggak? 

Baca juga: 5 Makanan Pedas Kekinian yang Paling Banyak Diburu Orang

Asinan, Makanan Pedas Khas Jawa Barat Dari Kota Hujan

Kalau ke Bogor kurang lengkap rasanya nggak mencicipi makanan yang cenderung asam ini. Asinan, begitulah makanan ini disebut, memiliki bahan dasar buah-buahan atau sayur-sayuran segar dengan cita rasa pedas, asam, manis, dan asin yang pas. Apalagi buat lo yang suka sama buah-buahan, bakal nyesel deh kalau nggak mampir beli jenis makanan pedas khas Jawa Barat yang satu ini. Pastinya seger banget dimakan di DPR, alias di bawah pohon rindang. Di Bogor memang ada banyak penjual asinan, tapi jangan sampai salah beli ya, Jesscoolers. 

Batagor, Makanan Pedas yang Renyah di Mulut

Jangan pengin buru-buru makan aja, memang lo tahu apa kepanjangan dari batagor? 

Nah, batagor alias bakso tahu goreng merupakan salah satu nama makanan pedas khas orang Sunda. Batagor adalah jenis makanan khas kota kembang lainnya yang memiliki rasa gurih dan nikmat di lidah. Dengan bahan dasar tepung aci, tahu, dan pangsit yang disiram dengan sambal kacang, saus, serta kecap, membuat batagor dicari oleh para penggemarnya. Lo biasanya beli batagornya saja atau dicampur pangsit, Jesscoolers?

Seblak, Makanan Pedas Yang Hits Dari Kota Kembang

Kalau lo orang Bandung, pasti sudah nggak aneh lagi dengan makanan pedas khas Jawa Barat yang satu ini. Rasa gurih nan pedas sangat melekat pada makanan pedas ini. Seblak merupakan salah satu jenis makanan pedas yang pasti namanya sudah dikenal di berbagai kawasan Indonesia raya. Seblak terbuat dari kerupuk basah aci yang dimasak dengan proses rebus atau kukus bersama bumbu, sayuran, dan tambahan lain, seperti telur, ayam, atau bakso. Bahan utama bumbu seblak sendiri adalah cabai, kencur, bawang merah, bawang putih, gula, serta garam.

Tetapi, seiring berkembangnya zaman, makanan pedas khas Jawa Barat yang memiliki sensasi rasa luar biasa di lidah ini juga dikombinasikan dengan berbagai jenis topping, seperti ceker, makaroni, sosis, batagor, dan masih banyak lagi. Bahkan, sekarang ada juga jenis seblak kering yang dijadikan camilan kemasan atau snack. Hmmm, kebayang kan bagaimana segarnya makanan pedas ini.

Cilok, Makanan Pedas yang Identik Dengan Jajanan SD

Kalau makan makanan pedas khas Jawa Barat yang satu ini, pasti langsung ingat jajanan zaman SD di kantin atau di depan sekolah, kan? Jadi, cilok itu kependekan dari aci di colok. Cilok sendiri dibuat dari tepung aci atau bisa disebut juga tepung tapioka. Tepung ini kemudian dicampur dengan air hingga menjadi adonan. Setelah itu, adonan yang sudah jadi tersebut, dibuat menjadi bulatan-bulatan seperti bakso, lalu direbus atau dikukus. Cilok biasanya disajikan dengan sambal atau saus, bisa saus kacang ataupun saus kecap. Untuk memakannya, jajanan ini biasanya ditusuk menggunakan tusuk kayu atau tusuk sate. Dari sinilah asal muasal sebutan cilok itu muncul, karena dalam bahasa Sunda, ditusuk itu adalah dicolok. 

Cimol, Makanan Pedas Khas Jawa Barat yang Bernama Unik

Makanan pedas lainnya dari Jawa Barat adalah cimol. Cimol ini bukan encik-encik di emol lho, tetapi cilok di goreng. Cimol sendiri merupakan salah satu makanan pedas yang sudah ada sejak lama. Cimol terbuat dari adonan tepung aci yang dibentuk bulat, namun  nggak sebesar cilok. Setelah dibentuk menjadi bulatan-bulatan, adonan tersebut kemudian digoreng. Bagi orang Jawa Barat, camilan yang memiliki bahan dasar aci digoreng ini biasanya disajikan dengan bumbu pedas. Dalam Bahasa Sunda, dibentuk bulat itu disebut digemol. Makanya, kudapan pedas satu  ini disebut aci digemol alias cimol.

Habis keliling cobain nikmatnya makanan pedas di Jawa barat, jangan lupa sedia Jesscool! Biar lo tetap cool dan nggak panas dalam, pas lagi cari makanan pedas di berbagai daerah lainnya. Karena Jesscool merupakan minuman penyegar panas dalam yang mengandung bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan. Jesscool juga mengandung akar chicory dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit akibat panas dalam, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh!

Kira-kira dari yang disebutin di atas, mana makanan pedas favorit lo nih?