Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu surganya bagi para pecinta makanan pedas. Bukan tanpa alasan, sebagian besar orang Indonesia memang bisa tahan dengan rasa panasnya menggigit hidangan yang penuh dengan cabai. Bahkan, ada yang bilang juga, menyantap hidangan tanpa rasa pedas seperti sambal, rasanya seperti ada yang kurang. Adanya rasa pedas ini, diyakini membuat hidangan menjadi lebih lezat, menambah selera, dan bikin ketagihan. Gimana, lo setuju nggak, Jesscoolers? Oleh karena itu, tidak mengherankan lagi bagi kita, kalau kini semakin banyak tempat makan di berbagai daerah di Indonesia yang menawarkan menu makanan pedas kekinian sebagai hidangan andalan mereka.

Padahal rasa pedas dari makanan pedas kekinian itu ternyata bukanlah rasa, melainkan sensasi panas dan terbakar yang dirasakan ujung saraf lidah atau lebih dikenal sebagai papila. Sedangkan rasa pedas cabai pada makanan pedas kekinian disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai. Seiring semakin menjamurnya popularitas makanan pedas kekinian di Indonesia, variasi sajiannya pun semakin beragam. Meskipun rasanya tersiksa, namun sensasi seru berkeringat menyantap makanan pedas kekinian membuat lidah seolah tak ada kapoknya untuk menyantapnya. 

Nah, bagi lo yang menyukai makanan pedas, berikut Jesscool sajikan beberapa jenis makanan pedas kekinian yang diburu banyak orang. Dijamin lo mandi keringat, Jesscoolers! Mari kita simak! Kira-kira yang mana nih favorit lo?

1. Seblak, Makanan Pedas Kekinian dari Kota Kembang

Makanan pedas kekinian pertama adalah seblak. Seblak pertama kali diperkenalkan di Bandung. Kehadirannya, mendapat sambutan hangat di kalangan pecinta makanan pedas. Nggak cuma cita rasa pedas saja yang diandalkan, ciri khas seblak juga terlihat dari isinya yang beragam, seperti mie, kerupuk, sayuran, bakso, hingga tulang muda maupun ceker ayam. Selain itu, ciri khas rasa kencur yang kuat pada kuahnya, membuat sensasi gurih di lidah. Saking merebaknya jenis makanan pedas ini, inovasinya pun nggak kalah beragam dan bisa masuk ke menu berbagai restoran fancy, kalau kata anak sekarang restoran kekinian. Selain disajikan dalam berbagai level kepedasan, kini olahan seblak juga disajikan dengan tampilan kekinian, misalnya seblak pasta atau seblak lobster.

2. Ayam Geprek, Olahan Daging Ayam Kekinian

Ngomongin soal daging ayam, ini sih makanan yang akrab banget buat orang Indonesia. Nggak perlu heran lagi, berbagai olahan ayam pun gampang banget diterima oleh lidah orang Indonesia, salah satunya menu makanan pedas kekinian ayam geprek. Sesuai dengan namanya, menu makanan pedas ini terdiri dari ayam goreng tepung atau yang digeprek alias ditumbuk atau diulek kasar bareng sambal bawang. Perpaduan gurih kriuk dari si tepung, renyahnya daging ayam, dan khas pedasnya sambal bawang, membuat banyak orang ketagihan sama menu makanan pedas kekinian ini. Hayo ngaku, lo juga kan, Jesscoolers?

Sama seperti seblak, berbagai inovasi pun tercipta dari menu makanan pedas ayam geprek ini. Mulai dari ayam geprek dengan berbagai jenis sambal, sampai tambahan topping keju. 

3. Fire Chicken, Makanan Pedas Yang Membakar Lidah

Kalau dilihat dari namanya saja sudah hot banget nih, Jesscoolers. Kali ini menu makanan pedas kekinian yang diburu orang-orang datang lagi dari daging ayam. Sesuai namanya, fire chicken atau ayam goreng berlumur saus merah pedas memang bisa membakar lidah lo dan bikin mandi keringat. Tingkat kepedasan fire chicken ini biasanya tersaji dalam beberapa level, mulai dari level sedang hingga level pedas yang membuat telinga berdenging dan menggaruk-garuk kepala. Untuk mengimbangi rasa pedas, biasanya fire chicken ini ditemani dengan saus keju yang lembut.

4. Pentol Pedas, Makanan Pedas Yang Juga Disebut Pentol Mercon

Siapa yang nggak tahu jenis makanan pedas satu ini? Berarti main lo kurang jauh dan nggak kekinian, Jesscoolers! Pentol ini adalah jajanan yang sering dijumpai di depan sekolah. Dengan tampilan bulat polos dan hanya ditambah saus kacang atau kecap, makanan ini juga menyajikan inovasi berbeda dengan tambahan racikan bumbu ulek super pedas. Dengan proses pemasakan ini lah rasa pedas meresap hingga ke dalam pentol. Pentol pedas juga sering disebut pentol mercon. Mungkin karena rasanya yang bisa membuat lidah terasa meledak-ledak kali ya?

5. Sate Taichan, Dari Senayan Menjadi Sate Idaman

Bagi lo yang suka sate, pasti sudah nggak asing lagi kalau dengar nama sate unik yang satu ini. Meski masih terbilang baru, sate taichan menjadi salah satu makanan pedas kekinian yang diburu oleh orang-orang. Cita rasanya yang gurih dan segar dari siraman sambal jeruk nipis, menjadi alasan mengapa sate ini sangat digemari. Hingga saat ini, peminat sate taichan terus meningkat. Menu makanan pedas yang berawal dari kaki lima di daerah Senayan, Jakarta, kini menyebar hampir ke seluruh Indonesia. 

Kalau mengonsumsi makanan pedas, jangan juga berlebihan. Lo harus perhatikan kondisi tubuh lo, Jesscoolers. Karena jika terlalu banyak, makanan pedas justru bisa berbahaya buat tubuh. Makanan pedas sendiri diduga bisa memperparah sakit tenggorokan yang juga merupakan gejala panas dalam. Nah, makanya sambil cobain makanan pedas kekinian di atas, jangan lupa sedia Jesscool juga biar lo tetap cool kalau lagi makan makanan pedas. Karena Jesscool merupakan minuman penyegar panas dalam yang mengandung bahan alami extract thyme yang mampu meredakan gejala-gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, serta mengandung akar chicory dengan kandungan serat inulin yang membantu melancarkan sembelit air besar akibat panas dalam.